Rabu, 09 Februari 2011

9 Cara Menyayangi Diri Sendiri


  1. Belajarlah untuk mengungkapkan perasaan anda. Berbagilah kesedihan dan kekecewaan pada seseorang yang anda percaya, jangan biarkan tersimpan dalam hati. Suasana hati anda akan terasa berbeda setelah beban perasaan diungkapkan.
  2. Jangan membandingkan diri anda dengan orang lain. Terlalu mengagumi apa yang dimiliki orang lain, dan mengabaikan kelebihan diri sendiri akan menimbulkan iri hati. Keadaan ini tak jarang berubah menjadi rasa benci pada diri sendiri. Karena itu, jangan pernah menganggap siapapun lebih tinggi dari diri anda.
  3. Pertahankan Hak anda sebagai manusia. Jangan biarkan diri anda diinjak - injak oleh orang lain. Ketika anda meletakkan diri anda dibawah kaki orang lain, maka mereka akan selalu mengharapkan anda untuk jadi sempurna, dan marah ketika anda membuat mereka kecewa.
  4. Belajarlah untuk rileks. Ada banyak buku, kaset, video, kursus dan materi lain yang dapat mengajarkan cara untuk rileks. Relaksasi akan menyegarkan pikiran, membuat tubuh lebih sehat, juga melepaskan tekanan dan ketegangan.
  5. Sempatkan untuk bermain. Ingatlah bahwa satu - satunya alasan kita bermain adalah untuk kesenangan. Ingatkan diri anda bahwa anda berhak memiliki waktu untuk bermain.
  6. Jangan lupa untuk tertawa, terutama menertawakan diri sendiri. Carilah kelucuan pada hal - hal di sekitar anda. Sesekali, lakukan hal - hal konyol yang diluar dugaan orang.
  7. Regangkan otot - otot anda. Berkeringatlah..! Tak perlu alat olahraga yang mahal atau jadi anggota klub kesehatan yang mahal. Cukup lakukan dengan berjalan kaki, naik sepeda, atau naik turun tangga.
  8. Berlatihlah menjadi orangyang selalu positif dan bersemangat. Setiap kali anda menyemangati orang lain, anda tidak hanya m,erasa lebih baik, tetapi anda juga membangun seangat dalam diri sendiri.
  9. Berikanlah perhatian pada kehidupan spiritual anda. Duduklah dengan tenang, dengarkan suara di dalam diri anda. Luangkan waktu utnuk memikirkan hal - hal yang membawa kedamaian, keindahan dan ketentraman untuk hidup anda.

1 komentar: